CAMPUS VISIT

SMAK PENABUR Kota Wisata

BANDUNG CAMPUS VISIT 2016

Bulan September menjadi bulan sibuk bagi SMAK PENABUR Kota Wisata. Pasalnya, pada tanggal 14-16 September 2016, SMAK PENABUR Kota Wisata mengadakan tiga kegiatan rutin tahunan untuk masing-masing kelas, yaitu: Character Camp untuk kelas X, Bina Iman untuk kelas XI, dan Campus Visit untuk kelas XII. Kali ini, kami akan mengulas kegiatan Campus Visit di Negeri Pasundan.

Campus Visit merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mengajak para peserta didik dalam memilih universitas dan jurusannya setelah lulus dari bangku SMA. Selain itu, dengan adanya kegiatan kunjungan ini diharapkan peserta didik dapat lebih mudah untuk menentukan jurusan sesuai dengan minatnya. Dalam kegiatan ini, kami berkunjung ke 5 Universitas, satu di wilayah Bogor dan empat di wilayah Bandung. Universitas dan Institut yang kami kunjungi adalah Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknlogi Bandung (ITB), Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (STP Bandung), Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) dan Universitas Kristen Maranatha.

Institut Pertanian Bogor yang berlokacv1si di Darmaga menjadi destinasi pertama kami. Sesampainya di sana, kami diarahkan ke auditorium untuk menyimak penjelasan mengenai program studi dan/atau jurusan yang ada di Kampus Hijau tersebut. IPB juga mengenalkan dirinya dengan prestasi-prestasi yang telah diraihnya serta Unit Kegiatan Mahasiswa

nya (UKM). Seusai dari IPB, kami melanjutkan perjalanan menuju Ban
dung dan langsung menuju Institut Teknologi Bandung (ITB). Di sana, kami mendapatkan informasi mengenai jurusan dan program studinya. Benedict Ionery dan Eveline Tirza adalah dua alumni SMAK PENABUR Kota Wisata. Tidak terasa waktu menunjukkan pukul lima lebih dan kami melanjutkan perjalanan menuju Hotel Naripan untuk istirahat.

Hari kedua, kami mengawali perjalanan Campus Visit ke STP Bandung. Sambutan daricv2 kakak-kakak mahasiswa membawa kami menuju aula. Presentasi mengenai profil dan jurusan yang a
da di STP Bandung memberikan gambaran kepada kami, para siswa untuk lebih tahu apa saja yang dipelajari di sekolah tinggi ini. dalam presentasi, d
ijelaskan juga bahwa STP Bandung adalah salah
satu universitas yang bersifat kedinasan dan merupakan sekolah pariwisata terbaik di Indonesia. Tidak cukup sampai di sini, dengan kakak-kakak mahasiswa sebagai pendamping, kami diajak mengelilingi Kampus STP Bandung. Kami dapat melihat kegiatan mahasiswa STP Bandung seperti praktek table manner dan memasak. Kami juga melihat fasilitas kampus, seperti: restoran, cake shop, dan Enhaii Hotel yang menjadi tempat praktek mahasiswa STP Bandung. Masih di hari kedua, kami melanjutkan kunjungan ke Universitas Katolik Parahyangan. Sesampainya di sana, kami disambut oleh bagian Humas UNPAR dan kakak-kakak mahasiswa. Goodie bag merupakan salah satu fasilitas yang kami terima saat mengunjungi kampus tersebut. secara berkelompok, kami didampingi oleh kakak mahasiswa menuju ke aula untuk mendengarkan presentasi mengenai program studi dan jurusan yang ada di sana. Tidak hanya di ITB, di UNPAR, tanpa sengaja kami bertemu dengan beberapa alumni SMAK PENABUR Kota Wisata, di antaranya: Ananda Jordan, Nathan, Leo, dan lain-lain.

Hari ketiga adalah puncak dari rangkaian Campus Visit kami. SMAK PENABUR Kota Wisata menentukan Univeritas Kristen Maranatha menjadi universitas yang akan dikunjungi di hari terakhir. Sambutan hangat dan ceria dari kakak-kakak mahasiswa membawa kami menuju Gedung Administrasi Pusat (GAP) dan mengakhiri dampingannya di gedung Teater lantai 8. Sambutan yang menyenangkan bagcv4i kami, dibuka dengan tampilan Band Kampus Universitas Kristen Maranatha yang menyanyikan beberapa lagu hits di kalangan kami. Bapak Roy Anthonius, S.Sn., M.Ds. selaku Wakil Rektor 3 Universitas Kristen Maranatha memberikan sambutan dan beberapa tips bagi kami dalam memilih jurusan.

“Memilih jurusan itu sesuai gairah dan passion!”, ungkapnya.

Kami juga mendengarkan presentasi mengenai program studi, jurusan dan fasilitas Universitas Kristen Maranatha. Selesai mendengarkan kata sambutan dan presentasi, kami menyaksikan penampilan dari beberapa UKM, mulai dari teater, Kungfu, dan Band Universitas Kristen Maranatha. Penampilan teater menjadi penutup dari acara sambutan.

Keceriaan masih menghiasi wajah kami dan juga kakak mahasiswa tentunya. Dengan semangat sambutannya, kami dibagi menjadi beberapa kelompok untuk diajak keliling kampus (campus tour) dan mendapat penjelasan singkat dari kakak mahasiswa. Saat campus tour, kami dikenalkan dengan Chinese Center, Auditorium Prof. Dr. P. A Surjadi, M.A., Kantin Eureka!, dan lain-lain. Tidak lengkap rasanya jika tidak membuat kenangan dengan foto bersama. Setelah kami melakukan foto bersama, kami naik ke bus dan kakak-kakak Universitas Kristen Maranatha melambaikan tangan ke kami sebagai bentuk ucapan perpisahan. Kami senang dengan kegiatan ini, karena selain memudahkan kami dalam menentukan masa depan, sekolah juga dapat menjalin relasi antara SMAK PENABUR Kota Wisata dan universitas-universitas ternama di Indonesia. Kami yakin, dengan adanya kegiatan ini, kami dapat menentukan masa depan kami lebih matang dan tidak asal pilih jurusan agar menjadi seorang pemimpin yang bertanggung jawab.

 

(SPEKTALISTIK – SMAK PENABUR Kota Wisata Jurnalistik)