Classmeet SMAK PENABUR Kota Wisata

Peringatan Hari Kemerdekaan telah berllau, namun semangat dan jiwa muda anak bangsa masih terus menyala dalam memperjuangkan masa depan. Perjuangan tidak hanya dalam bentuk berperang melawan penjajah yang ingin menguasai negeri ini. Perjuangan juga tidak melulu soal perseteruan dengan mengatasnamakan suku, ras, dan agama (SARA). Perjuangan dapat diisi dan dirayakan dengan hal-hal positif dalam mencapai tujuan.

Mengingat semboyan HUT RI yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2017, yaitu bekerja bersama, SMAK PENABUR Kota Wisata padsa tanggal 18 Agustus 2018 mengadakan kegiatan classmeet yang diikuti oleh peserta didik dan Bapak/Ibu Guru. Tujuan diadakan kegiatan ini untuk menunjukkan semangat gotong royong (bekerja sama) dalam mencapai sebuah tujuan, yaitu kemenangan.

Kegiatan classmeet diadakan oleh OSIS SPEKTA dan mengisinya dengan berbagai macam lomba, antara lain: voli air, benteng, futsal, debat, dan fashion show. Tidak tanpa tujuan kegiatan lomba ini diadakan. Setiap perlombaan diadakan dengan mengusung latar belakang dan tujuannya masing-masing. Seperti benteng, ini adalah salah satu contoh lomba dengan mengunggulkan semangat dalam menjaga dan memertahankan yang kita miliki. Dalam permainan ini, terdiri dari dua kelompok dengan masing-masing jumlah anggota 4-5 orang. Masing-masing kelompok harus berusaha dan memertahankan agar benteng mereka tetap kokoh dan dapat mencegah musuhh datang untuk mengambil bendera.

Selain itu, ada juga lomba debat dengan masing-masing jumlah anggota 3 orang. Dalam berdebat, terlihat usaha para pembicara untuk dapat berbicara sesuai dengan pendapat dan memberikan bukti-bukti sesuai fakta. Dalam lomba debat, menguji para partisipan untuk dapat berpikir logis.

Tidak hanya itu, lomba fashion show juga menunjukkan sikap siswa dalam berekspresi dengan tema yang sudah ditentukan. Para partsipan dapat berkreasi dengan model fashion dan mengaitkannya dengan tema, yaitu keberagaman budaya (bangsa) Indonesia.

Perlombaan ini tentunya tidak menghasilkan musuh karena ada pihak yang kurang beruntung. Tujuannya adalah untuk menunjukkan sikap gotong royong (bekerja sama), berpikir kritis dan logis, dan mengekspresikan keragaman budaya bangsa Indonesia.

“Kemerdekaan bukanlah tentang kalah atau menang, melainkan usaha dalam menjaga, memertahankan, dan mengembangkan kemerdekaan itu untuk hal yang lebih baik demi persatuan bangsa”. -Cynthia Radeani (Guru Bahasa Indonesia SMAK PENABUR Kota Wisata)-