BELAJAR DARI SEJARAH

” Pasanglah telinga untuk pengajaranku, hai bangsaku, sendengkanlah telingamu kepada ucapan mulutku. “

(Mzm. 78:1)

 

 

Ada sebuah penelitian yang menyimpulkan bahwa banyak siswa di sekolah tidak suka pada mata pelajaran Sejarah. Banyak siswa menganggap pelajaran Sejarah menjenuhkan, membosankan, dan banyak yang harus dihafalkan. Sekalipun demikian, kita perlu menyadari bahwa sejarah itu sangatlah penting. Sejarah bisa menjadi pelajaran yang sangat berguna bagi kehidupan kita di masa depan. Di dalam sejarah, apa yang terjadi di masa lalu “tercatat,” entah itu sesuatu yang baik atau yang buruk. Hal itu berguna untuk pembelajaran bagi masa kini dan masa depan.

 

 

Begitu juga di dalam Alkitab, Pemazmur meminta agar kita memasang telinga untuk mendengar pengajaran tentang sejarah. Sejarah adalah salah satu guru yang paling berharga dalam kehidupan. Karena itu, Mazmur 78 tidak hanya menyajikan hal-hal yang baik tetapi juga tentang kejatuhan bangsa Israel sehingga Tuhan meninggalkan mereka. Kita bisa belajar dari kesalahan umat Israel di masa lalu agar kita tidak mengulanginya kembali di masa sekarang dan yang akan datang.

 

 

Youth, mari kita belajar dari sejarah keselamatan di dalam Alkitab. Bacalah Alkitab dengan rutin setiap hari! Pelajarilah bagaimana seorang yang dulu diberkati Tuhan ternyata bisa jatuh ke dalam dosa dan meninggalkan Tuhan! Pelajari juga bagaimana seseorang yang dulu hidup dalam dosa tetapi bertobat sehingga menjadi orang yang diberkati Tuhan! Pelajari dan perhatikan semuanya sehingga kita akan menjadi orang yang berhikmat dan bijaksana! Lalu, bagikanlah hikmat dan kebijaksanaan tersebut kepada orang lain juga!

 

Sumber : https://www.ykb-wasiat.org/2018/06/04/