TIDAK CEPAT BERSUNGUT-SUNGUT

” Lakukanlah segala sesuatu dengan tidak bersungut-sungut

dan berbantah-bantahan …. “

(Flp. 2:14)

 

“Apa-apa saya ….” Itulah frasa yang sering kali meluncur dari mulut Dodit ketika bercerita tentang atasannya. Dodit merasa tanggung jawabnya sebagai bawahan terlalu besar. Ia sering kali diminta mempersiapkan bahan rapat, melakukan presentasi di depan perusahaan-perusahaan mitra, bahkan menjalankan beberapa tugas luar kota yang membuatnya merasa justru sangat lelah. Dodit adalah contoh kaum muda yang terlalu cepat menilai sesuatu tanpa berusaha memaknainya, padahal banyak rekan kerjanya yang iri kepadanya karena, menurut mereka, Dodit sangat dipercaya. Ternyata hal tersebut tidak dilihat oleh Dodit, sebaliknya ia malah bersungut-sungut.

 

Bacaan Alkitab hari ini adalah lanjutan dari bacaan Alkitab kemarin. Kepada jemaat di Filipi, Rasul Paulus mengingatkan agar jemaat tersebut tetap hidup di dalam Firman Tuhan sekalipun mereka tidak lagi di bawah bimbingan langsung dari Paulus. Paulus juga kembali mengingatkan bahwa Allah berperan di dalam setiap kerja dan karya seseorang. Oleh karena itu, Paulus menekankan agar ketika melakukan pelayanan, karya dan kerja, umat tidak bersungut-sungut dan saling berbantahan. Jemaat di Filipi diingatkan untuk senantiasa bersukacita di dalam tugas dan tanggung jawabnya masing-masing karena sukacita adalah bagian dari anugerah keselamatan.

 

Youth, dalam hidup ini kita perlu melihat berbagai sisi. Terkadang kita terlalu cepat menilai sesuatu tanpa sempat memaknainya. Akibatnya, kita bersungut-sungut. Latihlah diri untuk tidak cepat bersungut-sungut!

 

Sumber : https://www.ykb-wasiat.org/2018/03/23/